"Hidup itu bergerak dinamis, selayaknya ilmu yang terus berkembang. Maka, hiduplah dengan ilmu..."

Sabtu, 06 Oktober 2012

Pentingnya Inovasi E-Learning




Munculnya inovasi e-learning diharapkan akan memberikan banyak manfaat bagi pendidikan. Salah satu manfaat yang diharapkan dapat dirasakan dengan munculnya e-learning ini adalah dapat membantu upaya mengatasi berbagai masalah pendidikan yang ada, seperti masalah pemerataan pendidikan, peningkatan mutu, relevansi pendidikan, serta peningkatan efektifitas dan efisiensi pendidikan. 

Maka, inovasi e-learning sendiri menjadi dianggap begitu penting dalam mempengaruhi upaya perbaikan dan pengembangan pendidikan. Berikut ini adalah beberapa poin tentang pentingnya inovasi e-learning :
1. Memfasilitasi upaya pemerataan dan kesempatan pendidikan, mengingat e-learning dapat memungkinkan memberikan jangkauan pendidikan yang lebih luas.

2. Membantu peningkatan mutu pendidikan, karena e-learning menerapkan pendidikan berbasis teknologi dan bebas akses. Sehingga, setiap individu memiliki keleluasaan lebih untuk belajar. Inovasi e-learning akan dapat mempengaruhi mutu dalam segi : pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, dana, serta sarana dan prasarana.

3. Mendukung peningkatan efisiensi pendidikan. Jika e-learning mampu didifusikan dengan baik, maka akan dapat mengefisiensikan pembelajaran dalam segi biaya dan waktu.

4. Menciptakan peningkatan efektifitas pendidikan. E-learning akan mendukung pembelajaran yang lebih baik dan tepat guna jika dikelola dengan baik dan tepat.

5. Membantu mewujudkan relevansi pendidikan, baik secara internal maupun eksternal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar